Go Timnas Indonesia Ultimate in Diversity Logo Batik Indonesia Kenali Indonesia Indonesia 2022 I Luv RI I Luv Indonesia

Sabtu, 12 Maret 2011

ANTI NYAMUK CREAM MINYAK ATSIRI SERE (Cymbopogon citratus (DC) Stapf)


FORMULASI VANISHING CREAM MINYAK ATSIRI
SERE (Cymbopogon citratus (D.C) Stapf) DAN UJI SIFAT FISIKNYA
SERTA UJI AKTIVITAS REPELAN TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti BETINA
 


Oleh : Azis Ikhsanudin, S.Si, Apt; email : azis.ikh@gmail.com/are_size@yahoo.com
Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

INTISARI
Minyak atsiri daun sere merupakan bahan alam yang telah terbukti secara ilmiah mempunyai efek repelan terhadap nyamuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan minyak atsiri sere (Cymbopogon citratus (D.C) Stapf) terhadap sifat fisik vanishing cream dan efek repelan terhadap nyamu Aedes aegypti betina.
Daun sere diisolasi minyak atsirinya dengan cara destilasi uap air yang kemudian di uji sifat fisiknya meliputi uji daya lekat dan daya sebar srtai uji organoleptis dan pemeriksaan indeks bias. Tiga formula vanishing cream dengan variasi konsentrasi minyak atsiri sere (Cymbopogon citratus (D.C) Stapf), dimana formula I : 20%v/b; formula II : 30%v/b dan formula III : 40%v/b. Ketiga formula tersebut kemudina diuji sifat fisiknya yang meliputi uji daya lekat dan daya sebar serta selanjutnya diuji efek repelan terhadap nyamuk Aedes aegypti betina sebanyak 20 ekor per kandang dengan probandus tangan relawan berjenis kelamin wanita sebanyak 7 orang. Hasil kemudina dianalisa dengan menggunakan statistik kolmogorov-smirnvov dan dilanjutkan dengan uji t-test (main- whitney), dengan taraf kepercayaan 95 %.
Hasil yang diperoleh menunjukkan daya lekat formula I : 0,90±0,029 detik, formula II : 0,60±0,017 detik, formula III : 0,46±0,040 detik, sedangkan daya sebarnya formula I : 64,89±4,559 cm2, formula II : 64,71±4,600 cm2 dan formula III : 54,96±14,783 cm2. Untuk daya repelan waktu yang paling lama memberikan penolakan adalah formula III yaitu : 3014,2±20,163 detik atau 50,23 menit.


Kata kunci  :  Vanishing Cream,Repelan, minyak atsiri Cymbopogon citratus (D.C)   
                       Stapf.),

1 komentar:

Unknown mengatakan...

minta postingan lgkapy donk.. wat bhan skripsiq...

Posting Komentar